Berita Kaltara Terkini

Sambut Natal dan Tahun Baru, BPBD Kaltara Sebut Tak Ada Pos Penyekatan, Tapi Diganti Ini

Untuk mencegah terjadinya peningkatan dan penularan kasus Covid-19, di masa libur Natal dan Tahun baru, pihak BPBD Kaltara menyiapkan beberapa langkah

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kaltara, Andi Amriapa ditemui di Kantor BPBD Kaltara, Kamis (23/12/2021) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Untuk mencegah terjadinya peningkatan dan penularan kasus Covid-19, di masa libur Natal dan Tahun baru, pihak BPBD Kaltara menyiapkan beberapa langkah.

Menurut Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kaltara, Andi Amriapa, pada masa libur Natal dan Tahun Baru tidak akan ada Pos Penyekatan, sebagai gantinya ialah Pos Pelayanan.

Secara garis besar fungsi Pos Pelayanan ialah melakukan pemeriksaan protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan, memeriksa hasil tes antigen negatif Covid-19, dan memeriksa kartu vaksin.

Baca juga: Waspada, Hulu Sungai Kayan Meluap, BPBD Kaltara Sebut Potensi Banjir Besar Tanjung Selor Terulang

Bila pelaku perjalanan belum ada hasil tes antigen ataupun vaksinasi, di Pos Pelayanan ini nantinya dimungkinkan tes antigen dan vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan.

"Untuk perjalan kalau merunut pada aturan Kemendagri sebenarnya tidak ada pos penyekatan tapi pos pelayanan," kata Andi Amriapa, Kamis (23/12/2021).

Baca juga: Usai Banjir Melanda Malinau, BPBD Kaltara Malah Mengaku Belum Terima Data Kerusakan dan Kerugian

Andi Amriapa menjelaskan, beberapa pos pelayanan didirikan di perbatasan Kaltara seperti di Pos Pemeriksaan Perbatasan Jalan Poros Berau-Bulungan Kilometer 6 dan titik-titik masuk jalur udara dan laut.

"Syarat perjalan tentu protokol kesehatan, pemeriksaan antigen tetap dilaksanakan, kami nanti di Kilo 6 itu, masuk ke Kaltara ini harus menunjukan hasil antigen negatif," katanya.

Petugas BPBD Kaltara saat menyemprotkan disinfektan di Taman Tepian Kayan, dan Pelabuhan Speedboat Kayan II, guna mencegah penularan kasus Covid-19 di Tanjung Selor, Bulungan Kamis (8/7/2021) (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI)
Petugas BPBD Kaltara saat menyemprotkan disinfektan di Taman Tepian Kayan, dan Pelabuhan Speedboat Kayan II, guna mencegah penularan kasus Covid-19 di Tanjung Selor, Bulungan Kamis (8/7/2021) (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI) (TRIBUNKALTARA.COM/MAULANA ILHAMI FAWDI)

"Pos-pos pelayanan juga akan didirikan di titik-titik penerbangan dan pelabuhan, kalau bandara ada di Tanjung Harapan Tanjung Selor, di Juwata, Tarakan," tambahnya.

"Dan di pelabuhan itu di Pelabuhan Pelni ya di Nunukan dan Tarakan," sambungnya.

Baca juga: BPBD Kaltara Masih Lakukan Pendataan Banjir Malinau, Abdul Jalil Sebut Beberapa Wilayah Mulai Surut

Pos pelayanan tersebut, kata Andi Amriapa, akan lebih humanis dalam melayani masyarakat yang akan berpergian.

"Itu nanti dimulai besok, jadi dari tanggal 24 sampai 2 Januari nanti, arahan dari pusat itu pelayanan, jadi misal kalau belum ada yang vaksinasi bisa dilayani, jadi lebih humanis," tuturnya.

Namun demikian, terkait detail teknis tes antigen ataupun vaksinasi di Pos Pelayanan, pihak BPBD masih menunggu kejelasan lebih lanjut dari pihak Dinkes Provinsi maupun Kabupaten Kota.

Baca juga: Ini Upaya BPBD Kaltara Minimalisir Pencemaran Laut  Pasca Tumpahan Minyak dari Speedboat Terbakar

"Kalau itu nanti Dinkes ya, karena kami ini nanti supporting system," ujarnya.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved