Berita Tarakan Terkini

Tujuh Guru & Delapan Siswa Terpapar Covid-19, SDN 018 Karang Rejo Alihkan Pembelajaran Secara Daring

Setelah SDN Utama 1 melakukan pembelajaran daring dan lockdown, kini giliran SDN 018 Kelurahan Karang Rejo ikut menutup pembelajaran tatap muka.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Aktivitas pembelajaran daring juga mulai diberlakukan per Senin (21/2/2022) hari ini di SDN 018 Karang Rejo pasca laporan adanya 7 guru dan 8 siswa terpapar Covid-19 

TRIBUNKALTARA.COM,TARAKAN – Setelah SDN Utama 1 melakukan pembelajaran daring dan lockdown, kini giliran SDN 018 Kelurahan Karang Rejo ikut menutup pembelajaran tatap muka (PTM).

Mulai Senin (21/2/2022) hari ini, kegiatan pembelajaran yang sebelumnya tatap muka, semua dialihkan ke pembelajaran daring sampai tanggal 7 Maret 2022.

Bahkan sekolah tidak bisa lagi menerima tamu yang yang akan berkunjung. Tampak pegawai yang ada di SDN 018 menempelkan papan pengumuman dan diberlakukan mulai hari ini.

Baca juga: Ada Staf Terpapar Covid-19 , Perkuliahan di UBT Dilakukan Secara Daring, Sempat Satu Bulan PTM 

Adanya peniadaan pembelajaran tatap muka ini dikarenakan pihak sekolah baru saja menerima hasil swab test PCR guru dan siswa sekolah pada Sabtu (19/2/2022).

Dikatakan Tuginah, Kepala SDN 018 Kelurahan Karang Rejo, hasil swab PCR yang sudah diterima pihaknya, positif terpapar Covid-19 total 15 orang terdiri 8 siswa dan 7 orang guru.

“Itu data sampai kemarin. Dan tujuh guru ini sudah dirumahkan istirahat sampai tanggal 7 Maret 2022 nanti,” ujar Tuginah.

Baca juga: Imbas 8 Siswa Positif Covid-19, SDN Utama 1 Tarakan Kembali Berlakukan Pembelajaran Daring

Jika nantinya sampai tanggal 7 Maret mendatang dinyatakan negative, maka boleh mengajar ulang. Jika masih positif hasilnya, hanya diperbolehkan mengajar dari rumah.

“Pembelajaran mulai hari ini kembali daring,” jelasnya.

Adapun hasil swab test positif Covid-19 diperoleh dari kegiatan surveilans yang dilakukan Dinkes Tarakan melalui Puskesmas Kelurahan Karang Rejo.

Aktivitas pembelajaran daring juga mulai diberlakukan per Senin (21/2/2022) hari ini di SDN 018 Karang Rejo pasca laporan adanya 7 guru dan 8 siswa terpapar Covid-19.
Aktivitas pembelajaran daring juga mulai diberlakukan per Senin (21/2/2022) hari ini di SDN 018 Karang Rejo pasca laporan adanya 7 guru dan 8 siswa terpapar Covid-19. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Sebelumnya ada 69 sampel terdiri dari siswa dan guru yang disasar petugas surveilans sejak 15 Februari 2022 kemarin.

“Jadi bukan karena ditemukan positif, tapi karena ada surveilans dan menunjukkan 15 orang positif. Sampai hari ini mereka isolasi mandiri di rumah dan tidak ada laporan sampai mengalami gejala berat,” jelasnya.

Ia menambahkan, baik guru dan siswa sebelumnya memang sudah menjalani vaksinasi. Bahkan guru sudah ada yang sampai tiga kali menjalani vaksinasi.

Baca juga: Disdikbud Tarakan Imbau Sekolah Terapkan Aplikasi PeduliLindungi, Tak Ada Lagi Pembelajaran Daring

Sebelumnya, lanjut Tuginah, sekolah sudah sempat melakukan PTM 100 persen selama satu minggu. “Itu untuk full PTM dari tanggal 3 Februari kemarin. Kalau yang 50 persen, sudah dimulai sejak Januari,” paparnya.

Sistemnya sendiri saat PTM 50 persen, dibagi menjadi kelompok A dan B atau per sesi, masuk hari Senin, Rabu dan Jumat. Kemudian Selasa, Kamis dan Sabtu masuk kelompok sesi selanjutnya.

Ia juga hari ini sudah melakukan koordinasi dengan Pengawas Disdikbud Kota Tarakan dan melaporkan hasil swab test dari survilans yang diterima pihaknya.

“Saya sudah konsultasi dengan Disdikbud Tarakan dan hari ini diputuskan kami belajar daring, dan setelah itu tidak bisa menerima tamu mulai hari ini,” jelasnya.

Baca juga: Sudah Keluarkan SE, Disdikbud Nunukan Tegaskan Sekolah tak Lakukan Belajar Daring Lagi Kecuali ini

Adapun memang tambahnya, hasil surveilans baru keluar Sabtu (19/2/2022). Sementara pelaksanaan surveilans dimulai sejak Selasa (15/2/2022) lalu.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved