Berita Tarakan Terkini

Tarif Masuk Motor Rp 10 Ribu di Pelabuhan Malundung Dinilai Mahal, Pelindo Janji Lakukan Evaluasi

Rio GM PT Pelindo IV Tarakan tarif masuk dan parkir di tahun 2019. berlakunya sekitar Rp 15 ribu untuk roda empat dan Rp 10 ribu roda dua atau motor

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Rio Dwi Santoso, GM Pelindo IV Cabang Tarakan. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKANTarif retribusi masuk bagi kendaraan roda dua dan roda empat di Pelabuhan Malundung Pelindo IV Cabang Tarakan dikeluhkan warga karena dinilai terlalu mahal.

Dari pihak DPRD pun juga ikut mempertanyakan adanya dasar dari penetapan tarif yang diterapkan saat ini.

Salah seorang warga Kelurahan Gunung Lingkas, Kota Tarakan, Kalimantan Utara Joni mengakui, setiap kali mengantarkan keluarganya atau rekannya ke pelabuhan, tidak pernah ingin berlama-lama.

Baca juga: Jangka Pendek Perpanjangan Dermaga Pelabuhan Malundung Masih Berproses, Simak Penjelasan PT Pelindo

“Tarifnya sekitar Rp 10 ribu setahu saya. Cepat-cepat juga keluar takut nanti ada nambah biaya. Biasanya antar keluarga pakai motor,” aku Joni, salah seorang warga Gunung Lingkas.

Menjawab hal ini, Rio Dwi Santoso, GM Pelindo IV Cabang Tarakan, yang belum sepekan menjabat menggantikan Darwis, GM Pelindo IV Tarakan sebelumnya, untuk penetapan tarif masuk dan parkir yang diterapkan di Pelabuhan Malundung ditetapkan berdasarkan Peraturan Direksi dan sudah ada perhitungan rumusannya.

“Jadi rumusannya ada. Berdasarkan kajian kebutuhan biaya di masing cabang. Itu ditetapkan 2019. Kalau di Tarakan, berlakunya sekitar Rp 15 ribu untuk roda empat dan Rp 10 ribu roda dua atau motor. Kalau itu nilainya besar atau kecil, y akita komparasi dulu,” beber Rio, sapaan akrabnya.

Baca juga: Rapat Evaluasi Nataru, Ditemukan Sempat Terjadi Kemacetan Penumpang Turun di Pelabuhan Malundung

Ia menjelaskan, di Makassar, hal sama diterapkan dan sudah ada penetapan tarif masuk. Ia membenarkan dari pihak DPRD Tarakan sudah berkoordinasi dengan pihaknya terkait tarif tersebut.

“Dari anggota DPRD meminta kebijaksanaan Pelindo. Apalagi di saat situasi kurang bagus bagi masyarakat. Makanya nanti kami mungkin bisa lakukan evaluasi,” beber Rio.

Jika sekiranya bisa dimungkinkan untuk penyesuaian tarif dalam arti dilakukan penurunan, maka nanti akan disampaikan pihaknya.

Aktivitas di Pelabuhan Malundung Pelindo IV Cabang Tarakan
Aktivitas di Pelabuhan Malundung Pelindo IV Cabang Tarakan (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

“Karena memang mengelola terminal penumpang beda terminal bandara. Fasilitas disediakan harus ada standar. Ditentukan dan kadang biaya operasional itu harus mixing dengan kelas terminal yang sudah ada,” urainya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved