Berita Malinau Terkini

Lakalantas di Malinau Bertambah Tiap Tahun, Ini 7 Prioritas Penindakan Operasi Zebra Kayan 2022

Kasus kecelakaan lalu lintas atau Lakalantas di Malinau bertambah tiap tahunnya. Ada 7 prioritas penindakan pada gelaran Operasi Zebra Kayan 2022 ini.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Personel Kepolisian sedang mengatur lalu lintas dan memeriksa kelengkapan kendaraan bermotor pada Operasi Zebra Kayan 2021 di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Kasus kecelakaan lalu lintas atau lakalantas di Malinau bertambah tiap tahunnya. Ada 7 prioritas penindakan pada gelaran Operasi Zebra Kayan 2022 ini.

Operasi Zebra Kayan 2022 diprioritaskan pada jenis pelanggaran untuk menekan angka kerugian dan korban jiwa akibat lakalantas di Kabupaten Malinau. Kalimantan Utara.

Hasil evaluasi Polda Kaltara, Perbandingan dari tahun 2020 ke 2021, Jumlah kerugian materil naik 47,92 persen. Sementara jumlah kejadian stagnan 10 peristiwa.

Sementara jumlah korban meninggal dunia dari 4 jiwa bertambah 1 jiwa pada tahun 2021 menjadi 5 jiwa.

Baca juga: Ini Tiga Jenis Pelanggaran yang Terjaring di Operasi Zebra Kayan 2021, Diberi Teguran hingga Tilang

Wakapolres Malinau, Kompol Lafrin menerangkan operasi Zebra Kayan 2022 sebagai mitigasi terhadap angka kecelakaan lalu lintas.

"Operasi Zebra Kayan 2022 dilaksanakan serentak. Mulai hari ini Tanggal 3 sampai 16 Oktober 2022. Bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Malinau," ujarnya seusai memimpin Apel Gelar Pasukan di Mapolres Malinau, Senin (3/10/2022).

Prioritas penindakan pelanggaran lalu lintas merupakan hasil dari analisa Polda Kaltara terhadap operasi tahun sebelumnya.

Baca juga: Mobil Plat Merah di Nunukan Terjaring Operasi Zebra Kayan 2021, Polisi Periksa dan Ternyata ini

Lafrin Tambunan merinci hasil evaluasi Polda Kaltara perbandingan Operasi Zebra Kayan tahun sebelumnya, terjadi kenaikan jumlah kecelakaan lalu lintas.

"Hasil dari evaluasi tersebut, diharapkan melalui Ops Zebra Kayan 2022 dapat menekan angka kerugian dan korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas khususnya di Kabupaten Malinau," katanya.

Adapun 7 prioritas penindakan pelanggaran lalu lintas pada operasi Zebra Kayan 2022 di Malinau adalah sebagai berikut:

Personel Kepolisian sedang mengatur lalu lintas dan memeriksa kelengkapan kendaraan bermotor pada Operasi Zebra Kayan 2021 di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu.
Personel Kepolisian sedang mengatur lalu lintas dan memeriksa kelengkapan kendaraan bermotor pada Operasi Zebra Kayan 2021 di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu. (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

1. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel saat berkendara

2. Pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur

3. Pengendara sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang

Baca juga: Sebut Lakalantas Kerap Terjadi di Jalan Minim Penerangan, Polres Nunukan Surati Bupati Soal ini

4. Tidak menggunakan helm SNI bagi pengendara sepeda motor dan tidak menggunakan sabuk pengaman bagi pengemudi kendaraan bermotor

5. Mengemudi kendaraan bermotor dalam pengaruh konsumsi alkohol

6. Melawan arus lalu lintas

7. Mengemudi kendaraan bermotor melebihi batas kecepatan.

(*)

 

Penulis : Mohammad Supri

 

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved