Mata Lokal Memilih

Hasil Survei Terbaru Capres 2024: Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo dan Anies Baswedan di Pulau Jawa

Inilah hasil survei terbaru Capres 2024 : Ganjar Pranowo mengungguli Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan di 6 Provinsi, Pulau Jawa.

Editor: Sumarsono
IST/tangkap layar
Inilah hasil survei terbaru Capres 2024 dari The Republic Institute: Ganjar Pranowo mengungguli Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan di 6 Provinsi, Pulau Jawa 

TRIBUNKALTARA.COM - Inilah hasil survei terbaru Capres 2024 : Ganjar Pranowo mengungguli Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan di 6 Provinsi, Pulau Jawa

Survei tersebut digelar The Republic Institute yang berlangsung mulai 28 Agustus hingga 12 September 2022 melibatkan 1.200 responden tersebar di 6 provinsi di Pulau Jawa.

Teknik pengambilan sampel secara multistage random sampling dengan sampel sebar di 6 provinsi kemudian diturunkan ke tingkat Kabupaten/Kota, lalu ke tingkat Kecamatan,  hingga tingkat RT

“Tingkat margin oferror sebesar 2,8 persen, ungkap Dr. Sufyanto, Peneliti Utama The Republic Institute  dalam rilisnya pada Selasa (4/10/2022) kemarin.

Dipaparkan Sufyanto, survey juga menjajaki popularitas tokoh politik yang potensial untuk berkompetisi dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Hasilnya, tokoh-tokoh partai dan pejabat publik masih mendominasi dari sisi tingkat popularitas.

Baca juga: Survei Terbaru CSIS: Golkar Terpopuler bagi Pemilih Muda Dibanding PDIP, Gerindra, dan Demokrat

Terlihat dari hasil survei: Prabowo Subianto (94,7 persen), AHY (91,2 persen), Anies Baswedan (90,7 persen), Sandiaga Uno (90,0 persen), Ganjar Pranowo (89,0 persen ), dan Ridwan Kamil (88,0 persen).

Disusul Puan Maharani (85,3 persen), Erick Thohir (81,1 persen ), Muhaimin Iskandar (74,5 persen ), Khofifah (73,7 persen), Airlangga Hartarto (71,1 persen ), dan Andika Perkasa (65,2 persen).

Popularitas di antara capres terjadi lebih karena jabatan dan ketokohan calon yang bersangkutan.

Sebaran elektabilitas tokoh politik yang bakal bersaing di Pilpres 2024 hasil survei The Republic di wilayah Pulau Jawa.
Sebaran elektabilitas tokoh politik yang bakal bersaing di Pilpres 2024 hasil survei The Republic Institute di wilayah Pulau Jawa. (IST/tangkap layar)

Seperti Prabowo adalah Menteri dan Ketua Partai Gerindra sekaligus capres pada Pilpres 2019.

Anies, Ganjar, Ridwan Kamil dan Khofifah sebagai Gubernur.

Puan, Muhaimin sebagai pimpinan partai dan pimpinan DPR RI.

Sedangkan, Erick Thohir dan Sandiaga sebagai Menteri, Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar dan Menko Perekonomian. Sedangkan AHY adalah ketua Partai Demokrat.

Baca juga: Survei Terbaru Jelang Pilpres 2024 Versi CSIS, Ganjar Pranowo Memimpin, Prabowo dan Anies Membayangi

Meski demikian menurut hasil survei kata Sufyanto, ternyata popularitas tokoh tidak terlalu berpengaruh terhadap elektabilitas atau keterpilihan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved