Mata Lokal Memilih

Simulasi Pilpres 2024. Anies-AHY vs Ganjar-Airlangga Bersaing, Ganjar Pranowo Unggul di Capres

The Republic Institute melakukan survei terhadap calon presiden atau Capres 2024, termasuk simulasi pasangan Capres-Cawapres yang maju di Pilpres 2024

Editor: Sumarsono
HO/The Republic Institute
Berikut ini hasil survei simulasi Capres jelang Pilpres 2024, Anies-AHYdan Ganjar-Airlangga bersaing ketat, bagaimana dengan Prabowo Subianto dan Puan? 

TRIBUNKALTARA.COM – Lembaga Survei The Republic Institute melakukan survei terhadap calon presiden atau Capres 2024, termasuk simulasi pasangan Capres-Cawapres yang maju di Pilpres 2024.

Survei yang digelar The Republic Institute berlangsung mulai 28 Agustus hingga 12 September 2022 melibatkan 1.200 responden tersebar di 6 provinsi di Pulau Jawa.

 “Tingkat margin of error sebesar 2,8 persen, ungkap Dr. Sufyanto, Peneliti Utama The Republic Institute  dalam rilisnya pada Selasa (4/10/2022) kemarin.

Simulasi capres dan cawapres pada Pilpres 2024 sesuai pilihan masyarakat se Jawa, dalam hal ini The Republic Institute menyajikan 4 pasangan bila dihitung dari potensi poros partai politik sesuai kursi di parlemen

Hasil simulasi, Anies-AHY memiliki tingkat keterpilihan (21,8 persen), Ganjar-Airlangga (23,5 persen), Puan-Andika (8,1 persen), dan Prabowo-Muhaimin (19,4 persen). 

Sementara yang belum menentukan masih sebesar (27,2 persen).

Jika tiga pasang, Ganjar-Airlangga dan Anies-AHY bersaing, meski Ganjar-Airlangga unggul tipis.

Baca juga: Survei Simulasi Capres Jelang Pilpres, Anies dan Ganjar Bersaing Ketat, Bagaimana dengan Prabowo?

Kemudian hasil simulasi dengan 3 pasangan capres-cawapres: Anies-AHY (28,7 persen), kemudian Ganjar-Puan (27,6 persen), disusul Prabowo-Muhaimin (22,4 persen), belum menentukan (21,3 persen).

Ada kenaikan grafik pada Anies-AHY, hal ini karena pendukung dari Andika (pada simulasi 4 pasangan) banyak yang bergeser ke pasangan Anies-AHY.

Kemudian pada simulasi 2 pasangan capres-cawapres yang menampilkan pasangan Anies-AHY dan Ganjar-Puan.

Angka persentase Anies

Sebaran elektabilitas tokoh politik yang bakal bersaing di Pilpres 2024 hasil survei The Republic di wilayah Pulau Jawa.
Sebaran elektabilitas tokoh politik yang bakal bersaing di Pilpres 2024 hasil survei The Republic di wilayah Pulau Jawa. (IST/tangkap layar)

Potensi terbuka lebar karena pendukung Prabowo menilai kelayakan pada presiden itu ke Anies Baswedan dan AHY mampu melengkapi sebagai pasangan yang Ideal.

Sedangkan pasangan Ganjar-Puan dengan persentase tersebut karena muara suara dari pasangan tersebut sama.

Kemudian Puan sebagai cawapres belum mampu meningkatkan suara bersama Ganjar Pranowo.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved