Manfaat Wortel

Bantu Redakan Batuk, Jus Wortel Dapat Dicampur dengan Madu, Berikut Manfaat Bahan Alami Lainnya

Sering kali apabila batuk pastinya minum obat batuk. Namun ada pula yang memilih untuk memanfaatkan bahan alami. Salah satunya wortel

Editor: Junisah
Freepik
Ilustrasi - Manfaat wortel dan jahe saat dikombinasikan, bantu redakan nyeri otot hingga baik dikonsumsi ibu hamil 

TRIBUNKALTARA.COM - JAKARTA- Sering kali apabila batuk pastinya minum obat batuk. Namun ada pula yang memilih untuk memanfaatkan bahan alami dalam mengurangi batuk.

Salah satu bahan alami yang dicoba adalah wortel.

Wortel jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat, yang tidak hanya untuk mata, melainkan  dapat mengontrol kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah dan jantung.

Baca juga: Mengandung Serat, Berikut Manfaat Wortel yang Perlu Anda Ketahui, Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

Mengutip Getatoz.com menyebutkan bahwa wortel bisa mengurangi batuk yang sedang Anda alami. Anda hanya perlu membuat jus yang terdiri dari wortel, air, dan madu. Usahakan untuk minum jus wortel sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari sampai batuk hilang.

Seperti diketahui,  batuk adalah salah cara tubuh untuk melawan infeksi benda asing, seperti virus atau bakteri. Supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga, ada banyak obat batuk yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan alami.

Baca juga: Bantu Redakan Nyeri Otot hingga Atasi Diabetes, Simak Manfaat Wortel Saat Dikombinasikan dengan Jahe

Biasanya, ada gejala lain yang Anda alami selain batuk. Mulai dari sakit tenggorokan, nyeri dada, hidung berair, sesak napas, dan lain-lain. Kondisi tersebut tentu saja membuat aktivitas yang sedang Anda jalankan terganggu.

Jika terus dibiarkan, batuk juga memengaruhi kondisi kesehatan yang lain. Maka dari itu, mencoba beberapa bahan alami ini perlu Anda lakukan. Namun, jika batuk terus berlanjut, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Inilah beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi batuk:

Wortel. (stocking via Freepik)
Wortel. (stocking via Freepik) (stocking via Freepik)

Kunyit

Bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk adalah kunyit. Kandungan yang ada dalam kunyit mampu meredakan batuk, apalagi batuk kering. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, rebus 1 sdt lada hitam dengan 1 sdt bubuk kunyit dan sedikit kayu manis selama dua hingga lima menit. Setelah mendidih, diamkan sebentar supaya air dingin. Tambahkan 1 sdmmadu sebelum Anda minum air rebusan itu supaya rasanya lebih lezat.

Baca juga: Cegah Risiko Serangan Jantung, Minum Jus Wortel Secara Rutin Setiap Hari

Lemon

Vitamin C yang terdapat dalam lemon mampu melawan infeksi penyebab batuk. Anda hanya perlu minum 2 sdm air lemon yang dicampur 1 sdm madu beberapa kali dalam sehari sampai batuk berkurang.

Jahe

Jahe bisa Anda manfaatkan sebagai obat batuk.
Jahe bisa Anda manfaatkan sebagai obat batuk.
Jahe adalah obat batuk yang sudah sering digunakan oleh banyak orang. Caranya, tumbuk beberapa jahe lalu rebus dalam segelas air. Minum air rebusan itu sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan madu dan lemon. Mengunyah jahe secara langsung juga bisa dijadikan pilihan.

Baca juga: Cegah Keriput pada Kulit, Ini 9 Manfaat Wortel untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

Bawang Putih

Tahukah Anda bahwa bawang putih bisa mengatasi batuk? Antibakteri dan antimikroba yang terkandung dalam bawang putih mampu mengatasi batuk secara efektif. Pertama, rebus dua hingga tiga siung bawang putih lalu tambahkan 1 sdt oregano. Setelah dingin, sedikit madu dan minum air campuran itu.

(*)

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved