Berita Tarakan Terkini

Sabu 20 Kilogram yang Diangkut Kapal Dimusnahan, Nakhoda dan 6 ABK Diamankan BNNP Kaltara

20 kilogram sabu dimusnahkan dengan cara dilarutkan ke dalam air. Nahkoda dan 6 ABK yang diamankan ikut menyaksikan pemusnahan tersebut.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Aktivitas pemusnahan BB sabu seberat 20 kilogram di Kantor BNNP Kaltara, Senin (28/6/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN -Pemusnahan barang bukti (BB) narkotika digelar Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltara di momen Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), Senin (28/6/2021).

Total 20 kilogram sabu dimusnahkan berdasarkan hasil pengungkapan pada tanggal Jumat (21/5/2021) lalu. 20 kilogram sabu dimusnahkan dengan cara dilarutkan ke dalam air disaksikan langsung tujuh tersangka yang terdiri satu orang nakhoda kapal dan enam lainnya anak buah kapal (ABK).

Dibeberkan Kepala BNNP Kaltara, Samudi, S.I.K.,M.H, 20 kilogram sabu tersebut dibungkus dalam karung dan rencananya akan dibawa ke Tolitoli dan diduga merupakan jaringan internasional.

Baca juga: Niat Transaksi Sabu 49 Gram, Pria Asal Nunukan Dibekuk Polsek Sebatik Timur, Sempat Dihadang Polisi

Pada Jumat (21/5/2021) lalu, sekitar pukul 03.00 WITA, Tim Pemberantasan BNNP Kaltara memperoleh informasi dari masyarakat terkait transaksi peredaran gelap narkotika jenis sabu.

Informasi selanjutnya yang dihimpun tim, narkotika jenis sabu-sabu diangkut menggunakan kapal pengangkut barang yang biasa melalui rute Tolitoli-Tarakan dan sebaliknya. Kapal tersebut diamankan di Perairan Mangkupadi, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kaltara.

Setelah mendapati informasi detail, tim melakukan penyelidikan lebih lanjut. Pada Sabtu pukul 09.00 WITA, tim bergerak melakukan pengejaran terhadap KM. Tiga Putri 10 yang melintas di Perairan Mangkupadi Kabupaten Bulungan.

Baca juga: Dua Wanita Pengedar Sabu Ditangkap Polres Bontang, Salah Satu Palaku Ibu Rumah Tangga

"Tim mengentikan kapalnya. Sebenarnya selain angkut barang juga angkut penumpang. Saat di Perairan Mangkupadi dia mau jemput penumpang," urainya.

Penggeledahan bahkan sampai dilakukan tiga kali. Saat penggeledahan pertama BB tak ditemukan begitu juga yang kedua kali.

Rilis pengungkapan sabu seberat 20 kg dari BNNP Kaltara, Rabu (26/5/2021).  TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Rilis pengungkapan sabu seberat 20 kg dari BNNP Kaltara, Rabu (26/5/2021). TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH (TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH)

"Kami geledah sampai berulang kali. Sekali tidak ketemu, dua kali digeledah tidak ketemu. Tiga kali geledah baru ketemu. Pada saat menggeledah pertama itu tujuh orang ini tidak mengakui," bebernya.

Namun naasnya, saat petugas kembali melakukan penggeledahan untuk ketiga kalinya, barulah barang haram tersebut berhasil ditemukan.

Baca juga: Sabu Satu Kilogram Diblender Ditresnarkoba Polda Kaltim, Barang Bukti 5 Orang Tersangka

20 kilogram itu dibungkus dalam karung berwarna putih dan disamarkan dengan cara diikat menggunakan tali jangkar. "Sepintas sekali lihat tidak akan menduga bahwa di lilitan tali jangkar itu karung. Kemudian begitu dibongkar satu karung isi 10 kilogram. Ada dua karung jadi total 20 kg. Ini modus yg mereka gunakan," beber Samudi.

Usai diinterogasi, mereka mengakui mendapatkan orderan dari orang berinisal AD yang saat ini masih diburu.

"Belum sempat dibawa ke Tolitoli sudah kami amankan. Padahal sebelumnya ini mau pergi jemput penumpang juga," urainya.

Adapun ancaman pasal yang disangkakan kepada pelaku di antaranya Pasal 114 ayat 2 junto pasal 132 ayat 1 subsider pasal 112 ayat 3 junto pasal 132 ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved