Berita Bulungan Terkini

Status Siaga Banjir Belum Dicabut BPBD Bulungan, Tiga Wilayah Ini Dikhawatirkan Terdampak

BPBD dan Dinsos Bulungan telah melakukan monitoring (pemantauan) ketinggian air di hulu Sungai Kayan, Minggu (22/5/2022).

TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Kondisi terkini ketinggian air sungai kayan dari Peil Scale atau papan duga yang terletak di Pelabuhan Speedboat VIP Tanjung Selor jalan Katamso Senin (23/5/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bulungan bersama Dinas Sosial (Dinsos) telah melakukan monitoring (pemantauan) ketinggian air di hulu Sungai Kayan.

Plt Kalak BPBD Bulungan, Darmawan menuturkan, bahwa pihaknya telah melakukan pemantauan, Minggu (22/5/2022) kemarin untuk memetakan titik potensi banjir.

“Ada tiga wilayah kecamatan yang kita khawatirkan. Peso, Peso Hilir dan Tanjung Palas Barat,” ucapnya Senin (23/5/2022).

Baca juga: Sungai Nyelung Meluap, Tiga Kecamatan di Bulungan Tergenang Banjir, BPBD Tetapkan Status Siaga

Namun kata Darmawan, berdasarkan hasil pemantauannya di beberapa desa kecamatan Peso itu kondisi air sudah berangsur surut, walaupun masih genangan di tempat dataran rendah.

“Jadi, sekarang ini masih normal, walaupun ada beberapa genangan itu memang dataran rendah, tapi tidak ada membawa dampak untuk kita merubah status siaga itu," ungkapnya.

Kendati demikian, kata Darmawan, BPBD Bulungan belum mencabut status siaga bencana banjir. Berdasarkan laporan di lapangan, saat ini ketinggian air di Peso masih diangka 6,5 meter.

Baca juga: Sungai Nyelung Meluap, Banjir Genangi Tiga Wilayah Kecamatan di Bulungan, Begini Nasib Warga Sekitar

“Kalau ketinggian 7 meter masih normal, nah kalau sudah 8-9 meter baru di atas normal,” ungkapnya.

Menurutnya, genangan air yang terjadi di beberapa ruas jalan Tanjung Selor merupakan kiriman dari Hulu Sungai Kayan. Apalagi sebelumnya ketingian air disana sempat mencapai 7,5 meter

“Kita kan satu aliran Sungai Kayan. Mangkanya sekarang ini ada beberapa ruas jalan Tanjung Selor yang tergenang,” ungkapnya.

Kondisi terkini air tinggi di Sungai Kayan, Kabupaten Bulungan saat dilihat dari pelabuhan Spedboat VIP Kayan 1 belum lama ini.
Kondisi terkini air tinggi di Sungai Kayan, Kabupaten Bulungan saat dilihat dari pelabuhan Spedboat VIP Kayan 1 belum lama ini. (TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

Berdasarkan pemantauan ketinggian air di Sungai Kayan saat ini masih diangka 3,5 meter. Namun demikian, BPBD Bulungan tetap melakukan langkah antisipasi.

“Sekarang ini air sudah mulai surut. Tetapi, surutnya masih bertahap,” ujarnya.

Lalu kata Darmawan, apabila malam ini air pasang, dipastikan air akan naik lagi. Namun, tidak semua wilayah Tanjung Selor yang terdampak tergenang.

Baca juga: Waspada Banjir, Air Sungai Kayan Kembali Pasang, BPBD Bulungan Sebut Ketinggian Mencapai 7,20 Meter

“Kalau titik dataran rendah. Iya, pasti tergenang,” ungkapnya.

Meski demikian, BPBD Bulungan belum menaikkan status siaga ke darurat, bahkan kata Darmawan peningkatan status akan dilakukan apabila ada kerugian akibat banjir.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved