Opini

Memetik Hikmah Idul Adha

KEHADIRAN tanggal 10 Zulhijjah 1442 Hijriah yang biasa kita sebut dengan Hari Raya Kurban tahun ini berbeda dengan hari-hari raya sebelumnya.

Editor: Sumarsono
HA
H. Abdullah Berahim, Mantan Hakim Pengadilan Tinggi Agama Samarinda 

Oleh:  H. Abdullah Berahim

Mantan Hakim Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

TRIBUNKALTARA.COM - KEHADIRAN tanggal 10 Zulhijjah 1442 Hijriah  yang biasa kita sebut dengan Hari Raya Kurban berbeda dengan hari-hari raya sebelumnya.

Suasana pandemi Covid-19 masih menghantui sebagian masyarakat kita. Pandemi yang melanda hampir di semua belahan dunia ini membawa dampak cukup serius bagi kehidupan bangsa dan negara kita.

Sebagian masyarakat masih belum bisa menjalankan aktivitas secara normal sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Semuanya dibatasi, termasuk bagi mereka yang akan menunaikan ibadah haji.

Pemerintah Arab Saudi sementara ini membatasi jemaah haji tidak boleh melebihi usia di atas 65 tahun. Hal  untuk mencegah kekhawatiran terjadinya mata rantai penularan covid-19.

Boleh jadi merupakan musibah dari Allah SWT kepada kita semua untuk menguji keimanan  dan kesabaran kita, seperti firman Allah SWT QS Al Baqarah: 155-157 yang artinya:

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa  dan buah-buahan. 

Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Inna lillaahi wa inna ilaihi raaji`uun".

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved