Breaking News:

Berita Nunukan Terkini

Tradisi Paskah Toroja di Nunukan, Bersihkan Jasad Leluhur yang Sudah 33 Tahun Meninggal Dunia

Ada tradisi unik Toroja di Nunukan saat merayakan Paskah atau tradisi Ma'nene, yakni membersihkan jasad leluhur yang sudah 33 tahun meninggal dunia.

tribunkaltara.com
Masyarakat suku Toraja melangsungkan ritual Ma'Nene di Jalan Persemaian, RT 010 Kelurahan Nunukan Barat, Kabupaten Nunukan, Kamis (01/04/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN – Ada tradisi unik suku Toroja di Nunukan saat merayakan Paskah atau tradisi Ma'nene, yakni membersihkan jasad leluhur yang sudah 33 tahun meninggal dunia.

Tradisi Ma’nene  merupakan ritual masyarakat Toraja yang dilakukan untuk menghormati para leluhurnya.

Mereka membersihkan jasad para leluhur yang sudah meninggal dunia beberapa tahun, bahkan hingga ratusan tahun yang silam.

"Kalau di Toraja bilang Ma'Nene, tapi di perantauan (Nunukan) kami sebut Paskah. Syarat mengangkut mayat itu harus ada potong kerbau dan babi.

Baca juga: Makam Tua Misterius yang Tiba-tiba Membesar di Padang Pariaman, Peneliti Siapkan Langkah Serius

Baca juga: Menggelar Ritual MaNene, Masyarakat Toraja Habiskan Biaya Rp 80 Juta untuk Membangun Ini

Baca juga: BREAKING NEWS, Ritual Suku Toraja, 33 Tahun setelah Dikubur, Mayat Pasutri Diangkat dari Liang Lahat

Itu sudah jadi tradisi turun temurun nenek moyang kami," kata Titus Takke (60), masyarakat Toraja yang tinggal di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara kepada TribunKaltara.com.

Suku Toraja memang dikenal dengan warisan budaya yang kaya dan memiliki keunikan tersendiri. Satu di antaranya yaitu Ma'Nene.

Tradisi Ma'nene suku Toraja, 33 tahun setelah meninggal dunia, mayat pasangan suami istri (pasutri) diangkat dari liang lahat.
Tradisi Ma'nene suku Toraja, 33 tahun setelah meninggal dunia, mayat pasangan suami istri (pasutri) diangkat dari liang lahat. (tribunkaltara.com)

Ritual unik itu bagi masyarakat awam terdengar menyeramkan.

Namun, tidak bagi masyarakat Toraja, ritual Ma'Nene sudah menjadi adat dan budaya yang sudah bertahun-tahun lamanya dijalankan oleh masyarakat etnis Toraja, utamanya di Sulawesi Selatan.

Bagi masyarakat Toraja yang tinggal di perantauan juga masih meyakini ritual Ma'Nene sampai sekarang.

Kamis (01/04/2021) kemarin, di Jalan Persemaian RT 010 Kelurahan Nunukan Barat, Kabupaten Nunukan sedang dilangsungkan ritual Ma'Nene (Paskah).

Halaman
1234
Penulis: Febrianus Felis
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved