Tarakan Memilih

Pemutakhiran DPB Triwulan III Tercatat 159.713 Orang, Ada Tambahan 13.703 Orang dari Pemilih Pemula

Kepala Divisi Data dan Perencanaan KPU Kota Tarakan, ada 159.713 data pemilih berkelanjutan (DPB) yang tercatat sampai dengan September 2022 hari ini.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Periode Triwulan III Tahun 2022 Tingkat Kota Tarakan di Kantor KPU Kota Tarakan, Jumat (30/9/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKANKomisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan kembali menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Periode Triwulan III Tahun 2022 Tingkat Kota Tarakan di Kantor KPU Tarakan, Jumat (30/9/2022).

Dalam pertemuan tersebut, total dilaporkan Jumaidah, Kepala Divisi Data dan Perencanaan KPU Kota Tarakan, ada 159.713 data pemilih berkelanjutan (DPB) yang tercatat sampai dengan September 2022 hari ini.

Dari total tersebut, mengalami pertambahan berdasarkan perbandingan data 2021 kemarin dan perbandingan data dari Januari sampai dengan Agustus 2022.

Baca juga: KPU Kaltara Ajak Pemilih Ikuti Tahapan Pemilu, Singgung Cek Data di Aplikasi Lindungi Hakmu

Dikatakan Jumaidah, tahun 2021 kemarin jumlah DPB mencapai 147.479 orang untuk September dan sampai di Desember 2021 mencapai 146.010 DPB.

Kemudian pada tahun September 2022, jika dibandingkan data Desember 2021 kemarin, tahun ini terjadi peningkatan mencapai kurang lebih 13.703 orang masuk DPB.

Baca juga: Update Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, Triwulan Kedua Tercatat 145.932 Jiwa

“Kenaikan itu disebabkan ada pertambahan data ada dari pemilih pemula, ada dari pindah masuk ke Tarakan yang merantau, ada TNI Polri yang pensiun itu juga masuk pemilih pemula, setiap bulan ada juga pemilih pemula TNI pensiun,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dari DPB ini, akan dimasukkan dalam Sidalih dan setelah dikunci lalu disinkronkan dengan data Kemendagri.

Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih  Berkelanjutan Periode Triwulan III Tahun 2022 Tingkat Kota Tarakan di Kantor KPU Kota Tarakan, Jumat (30/9/2022).
Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Periode Triwulan III Tahun 2022 Tingkat Kota Tarakan di Kantor KPU Kota Tarakan, Jumat (30/9/2022). (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)


“Data Kemendagri itulah yang turun menjadi DP4 atau Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4). Itu data kita olah lagi. Jangan berharap data DPB ini sampai akhir Desember tetap sama 159.713 itu. Karena akan bertambah lagi,” ujarnya.

Data yang ada saat ini masih akan bertambah mulai dari wajib E-KTP, pindah masuk, pindah keluar, meninggal, yang berkaitan dengan pemilih pemula.

Baca juga: KPU Kaltara Gelar Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, Suryanata: Merawat Data Pemilih

“Data bertambah bisa berkurang. TNI dan Polri pensiun itu masuk pemilih pemula karena baru memilih. Nanti berkurang data dari pindah keluar Tarakan dan ada yang meninggal atau pemilih pemula yang menjadi TNI dan Polri nanti akan dikeluarkan dari data pemilih,” bebernya.
Data yang ada saat ini bergerak alias bersifat dinamis.

“Jumlah pemilih pemula sendiri juga akan terus bertambah dan diperkirakan angkanya berubah di Oktober mendatang seperti dipaparkan Disdukcapil Tarakan,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved