Tarakan Memilih

Tahapan Verfak Selesai, Bawaslu Tarakan Tunggu Data KPU Terkait Gugatan Parpol

Bawaslu Tarakan sudah selesai melakukan vervak parpol, Dian Antarja sebut pihaknya hanya tinggal menunggu parpol yang menang gugatan di Bawaslu RI.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Tarakan, Dian Antarja. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Tahapan Pemilu Serentak 2024 sudah mulai berjalan. Dari Bawaslu Tarakan juga saat ini baru saja melakukan tahapan perekrutan dan pelantikan panwascam.

Dikatakan Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Tarakan, Dian Antarja, ada dua tahapan terkait dengan kepemiluan. Pertama, tahapan vervak sudah selsai dan saat ini Bawaslu sedang menunggu verfak secara perbaikan.

“Menunggu terkait daftar nama parpol yang menang gugatan di Bawalsu RI,” ujar Dian Antarja.

Baca juga: Lima Parpol Proses Vermin Perbaikan, Keputusan di KPU RI, Daerah tak Berhak Putuskan TMS atau MS

Kemudian yang kedua, tahapan data pemilih, di Bawaslu RI sudah masuk tahapan pantarlih dan itu ada 3 tahapan. Pertama, tahapan di sinkronisasai data P4 yang disinkronkan dengan DPB dan DPT terakhir.

“Itulah yang diturunkan ke KPU kabupaten atau kota, kemudian disinkronisasi lagi. Kemudian, selanjutnya tahapan pencocokan dan penelitian, nah terkait dengan tugas teman-teman panwascam,” beber Dian Antarja.

Baca juga: Verifikasi Faktual Perbaikan Parpol 10 November 2022, KPU Tana Tidung Sebut Waktunya Singkat

Masih menyikapi gugatan parpol lanjutnya, Bawaslu hanya menunggu dari KPU. Jika gugatan dimenangkan, maka otomatis nanti KPU akan menyusun kembali administrasinya di sipol.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Tarakan, Dian Antarja. TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Tarakan, Dian Antarja. TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH (TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH)

“Nah data yang tersusun di KPU RI ke KPU kabupaten dan kota, nanti data itu akan dispaling lagi dengan metode krejcie dan Morgan. Artinya tidak semua diverfak, data yang disampling krejcie dan morgan itulah yang akan difaktualkan kembali, akan turun ke lapangan lagi,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

 

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved