Berita Malinau Terkini

Jelang Ramadhan, Harga Cabai Rawit dan Bawang Putih di Malinau Berpotensi Naik

Pedagang di Malinau sebut tiap tahun menjelang Ramadhan, harga cabai rawit dan bawang putih alami kenaikan.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Stok bumbu dapur dan aktivitas jual beli di Pasar Malinau jelang bulan puasa atau Ramadan 2023 di Malinau, Kalimantan Utara, 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Harga cabai rawit dan bawang putih di Malinau Kalimantan Utara mengalami kenaikan jelang Ramadhan 

Data BPS Malinau, bawang putih merupakan satu dari 3 besar komoditas dengan indeks perkembangan harga atau IPH andil terbesar pada Februari di Malinau.

Pedagang di Pasar Induk Malinau, Andi menerangkan selain cabai rawit, harga komoditas berupa bumbu dapur umumnya turut mengalami kenaikan.

Baca juga: Jelang Ramadan 2023, Harga Cabai Rawit Merangkak Naik di Malinau, Capai Rp 110 Ribu Per Kilogram

"Kalau cabai rawit itu hampir tiap tahun naik. Sama juga bawang putih  seperti tahun lalu dari harga normal. Biasa dijual Rp 35 sampai Rp 40 ribu," ujarnya, Kamis (9/3/2023).

BPS Malinau mendata untuk komoditas bawang putih di Malinau, indeks perkembangan harga berada di angka 0,036 persen.

Baca juga: Update Harga Bahan Pokok di Tana Tidung, Harga Cabai Rawit Alami Kenaikan Lima Persen

Kabid Perdagangan Disperindagkop Malinau, Yeni Erlena menerangkan tren kenaikan untuk komoditas berupa bawang putih umumnya menyesuaikan stok.

"Jadi itu terjadi setiap tahun, karena impor bawang putih juga lagi naik. Puncaknya biasanya bulan Juli. Sedangkan bawang merah saat ini stabil. Karena lagi panen di 2 tempat," katanya.

Stok bumbu dapur dan aktivitas jual beli di Pasar Malinau jelang bulan puasa atau Ramadan 2023 di Malinau, Kalimantan Utara,
Stok bumbu dapur dan aktivitas jual beli di Pasar Malinau jelang bulan puasa atau Ramadan 2023 di Malinau, Kalimantan Utara, (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

Bumbu dapur merupakan satu dari 20 komoditas prioritas yang dipantau rutin yang dipantau khususnya menjelang Ramadhan di Malinau.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved