Breaking News:

Sungai Malinau Tercemar

Usut Dugaan Pencemaran Sungai di Malinau, Anak Buah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Turun Tangan

Kapolres Malinau, AKBP Agus Nugraha mengatakan pihaknya tengah melakukan penyidikan terkait insiden jebolnya Kolam Tuyak

HO/Humas Polres Malinau
Kapolres Malinau, AKBP Agus Nugraha bersama tim mendatangi lokasi Kolam Tuyak penampungan limbah batubara di Kecamatan Malinau Selatan, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu lalu (10/2/2021). (HO/Humas Polres Malinau) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Usut dugaan pencemaran sungai di Malinau, anak buah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turun tangan.

Kapolres Malinau, AKBP Agus Nugraha mengatakan pihaknya tengah melakukan penyidikan terkait insiden jebolnya Kolam Tuyak di Kecamatan Malinau Selatan, Kabupaten Malinau.

Tanggul limbah penampungan batubara yang kerap disebut sebagai Kolam Tuyak tersebut jebol pada Minggu malam (7/2/2021).

"Kami telah melakukan secara formil melalui penyidikan, kemarin saya dan tim menuju lokasi kejadian," ujar Agus Nugraha kepada TribunKaltara.com, Kamis (11/2/2021).

Sungai di Malinau Tercemar, Tim Investigasi Selidiki Fakta Kebocoran Limbah Tambang Batu Bara

Sungai Malinau Tercemar Limbah Tambang Batubara, Walhi Sebut Angkara Kalutnya Pengelolaan Tambang

Perbekalan Air Bersih Terputus dan Habitat Sungai Terancam, Ketua DPRD Malinau Ping Ding Bereaksi

Dia menjelaskan, kepolisian telah melakukan olah TKP, uji sampel air termasuk meminta keterangan pihak perusahaan.

Dia mengatakan Tim dari Polda Kaltara saat ini masih berada di lapangan, melakukan investigasi terkait kejadian tersebut.

"Tim kita dan dari Polda Kaltara masih berada di lokasi, nanti dari sana akan kembali ke sini (Mako Polres Malinau) untuk evaluasi," ungkapnya.

Terkait langkah dan temuan pihaknya, Agus Nugraha menyatakan belum bisa menyampaikan keterangan karena masih dalam tahap penyidikan.

Kepolisian tengah mengusut penyebab jebolnya Kolam Tuyak, apakah karena pengaruh alam atau karena kesalahan pengelolaan dari pihak perusahaan.

Menurut Agus Nugraha, pihaknya menjalin koordinasi bersama tim investigasi dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten dan provinsi.

Halaman
1234
Penulis: Mohamad Supri
Editor: Amiruddin
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved